FLora dan Fauna di Pamurbaya

23 03 2010

Flora di Pamurbaya
Mangrove, atau bakau, adalah semua spesies tanaman yang hidup di antara batas pasang dan surut sebuah kawasan pesisir. Di Pamurbaya, lebih dari setengah jenis bakau yang ada di Indonesia, tumbuh subur.

Vegetasi asli di Pamurbaya didominasi oleh Bakau (Rhizophora mucronata, Rhizophora apiculata), Api-api (Avicennia alba), Pidada (Sonneratia caseolaris), dan Buta-buta (Excoecaria agallocha). Beberapa jenis tumbuhan asosiasi bakau juga dapat ditemukan di kawasan ini seperti Ketapang (Terminalia catapa) dan Nipah (Nypa fructicans).
Selain jenis bakau tersebut, banyak pula jenis bakau dan non bakau introduksi (hasil kegiatan reboisasi). Seperti Waru laut (Hibiscus tilliaceus), Tanjang (Bruguiera gymnorrhiza), Nyamplung (Callophylum inophyllum), Bintaro (Cerbera manghas), Akasia (Acacia auriculiformis), Asem (Tamarindus indica), dan Lamtoro (Paraseriantes falcataria).

Di beberapa bagian, terutama di sisi muara dan sempadan sungai, banyak ditumbuhi semak-semak terutama Gelagah (Saccharum spontaneum). Semak-semak ini memiliki nilai penting terutama sekali bagi burung yang hidup di semak� seperti Bubut jawa.�
Hutan bakau memiliki peranan penting bagi pemeliharaan ekosistem pantai. Kehadiran hutan bakau di sepanjang pantai mampu mengurangi kerusakan akibat angin kencang dari lautan dan memelihara pantai dari gerusan gelombang laut. Hutan bakau juga merupakan habitat beraneka ragam satwa seperti burung, primata dan juga tempat memijah atau bertelur beraneka jenis ikan.

Fauna di Pamurbaya

Pamurbaya merupakan tempat tinggal aneka jenis burung dan satwa yang sulit ditemukan di wilayah lain. Tidak kurang 137 jenis burung menghuni Pamurbaya. Beberapa di antaranya merupakan burung khas hutan bakau. Seperti Sikatan bakau (Cyornis rufigastra). Ada 23 jenis burung migran yang setiap tahun singgah di Pamurbaya.

Selain itu, Pamurbaya juga menjadi rumah beberapa beberapa burung endemik (hanya ada) Pulau Jawa. Misalnya Cerek jawa (Charadrius javanicus) dan juga habitat terakhir Bubut jawa (Centropus nigrorufous).

Selain jenis burung yang merupakan penghuni utama, di Pamurbaya juga masih dijumpai kelompok-kelompok liar Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis). Mereka hidup berkelompok (koloni) yang terdiri dari beberapa jantan dan betina namun hanya satu pejantan dominan. Makanan utamanya ialah dedaunan muda dan buah-buahan bakau seperti Pidada (Sonneratia caseolaris). Terdapat beberapa koloni Monyet ekor panjang yang menghuni Pamurbaya. Setiap koloni memiliki anggota antara 5 hingga 20-an ekor.

Monyet ekor panjang di Pamurbaya memiliki peranan yang penting. Karena monyet jenis ini membantu penyebaran biji-bijian tumbuhan hutan bakau. Caranya, saat mengkonsumsi buah-buahan hutan bakau, biji buah yang tak dapat dicerna akan dikeluarkan kembali bersama dengan kotorannya. Biji inilah yang akan tumbuh menjadi pohon bakau di kemudian hari.

Pamurbaya juga menjadi lokasi pengungsian bagi spesies reptilia. Seperti: ular Sanca (Phyton reticulatus), Biawak (Varanus salvator), Percil Jawa (Microhyla acanthine) dan ular Tambak (Cerberus rhynchops).
Ikan-ikan yang sering dijumpai di pamurbaya adalah ikan domestik yang banyak menjadi komoditas tambak. Diantaranya Mujaer, Manyung, Wader, Sembilang, dan sebagainya.

http://pamurbaya.com


Aksi

Information

3 responses

23 03 2010
fokuz9

apakah ada fasilitas menara untuk pengamatan burung?
bila ada saya ingin sekali melakukan praktek pengamatan burung…..
apakah pengelola mneydiakan jasa tutoring?

24 03 2010
Wisata Anyar Mangrove

belum ada mas.
dukung kami smoga bisa merealisasikannya🙂

19 05 2010
ali

…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: