ITS Disomasi ‘Penemu’ Sirup Mangrove

6 01 2010

INILAH.COM, Surabaya � Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya disomasi Mochson. Ia mengaku telah menemukan sirup mangrove jauh sebelum perguruan tinggi teknik terbesar di Indonesia Timur itu membuatnya.

“Selama ini beredar berita penemu atau penghasil sirup mangrove pertama di Surabaya adalah mahasiswa ITS. Padahal penemu sebenarnya adalah saya,” kata Ketua Kelompok Tani Mangrove wilayah Wonorejo Rungkut Surabaya.di Surabaya, Jumat (26/9).

Menurut dia, mahasiswa ITS mengenal sirup mangrove saat berkunjung ke rumahnya, kemudian mereka tertarik meneliti di laboratorium. “Saya juga tertarik, kemudian saya minta izin Dinas PKPPK untuk bekerjasama dengan ITS dalam pengembangan sirup mangrove,” katanya.

Namun, katanya, saat Pimnas XX di Lampung, mahasiswa ITS meminta izin dirinya untuk membawa sirup mangrove ke Lampung yang akhirnya mendapat respon tinggi dari masyarakat.

“Tapi, saat pelaksanaan wisuda ITS pada 8 September 2007 disajikan sirup mangrove sebagai hasil karya lima mahasiswa ITS jurusan Biologi ITS (Agus Satriyono, Raindly Putri Kumala Djatmiko, Tatin Suherlina, Anita Syafitria, dan Widowati Sulistyo Palupi),” katanya.

Oleh karena itu, katanya, dirinya akhirnya melakukan somasi ke Central of Entrepreneurship Development (CED), Dekan ITS, dan satu di antara mahasiswa jurusan Biologi ITS, Widowati pada Selasa (23/9). [*/R2]


Aksi

Information

One response

3 02 2010
Bunga

Padahal sebelum pak sony, para masyarakat juga sudah menggunakan buah bogem sebagai bahan campuran minuman. Namun masih menggunakan cara tradisional.
Nah kebetulan aja pak sony lebih dulu mematenkannya. bahkan para kera juga mengkonsumsinya sebelum manusia. Jadi lebih baik hak cipta/patennya kita kembalikan saja pada para kera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: