Digelar Jambore Mangrove

6 01 2010

PAMEKASAN-Dalam upaya adaptasi perubahan ikim di wilayah pesisir dan kepulauan,  Departemen Kelautam dan Perikanan bakal menggelar Jambore Mitigasi Mangrove di kabupaten Pamekasan. Jambore selama dua hari ini dimulai 9 Oktober mendatang ini melibatklan instansi pemerintah pusat, Provinsi Jatim dan Kabupaten Pamekasan.

Panitia lokal, Dr M Makhfud Efendy mengatakan para perserta  jambore adalah kalangan para pelajar, mahasiswa, pramuka, karang taruna, LSM  dan masyarakat umum. Lokasi kegiatannya  adalah kawasan Pantai Jumiyang meliputi Desa Tanjung dan Desa Padelegan, Kec. Pademawu, Pamekasan.

“Pada Senin besok, panitia pusat dari Direktur Pesisir dan Laut datang ke Pamekasan untuk melakukan kordinasi pemantapan program ini yang melibatkan pihak propinsi, kabupaten  dan  LSM dan sejumlah universitas,”  kata Makhfud, Sabtu (12/9) pagi tadi.

Dijelaskannya, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi dan kesadaran stakholder atas pentingnya adaptasi dan mitigasi atau tindakan mengurangi dampak perubahan iklim. Sehingga kegiatan jambore ini akan diwarnai penanaman vegetasi pantai berupa tumbuhan Mangrove secara massal sebagai upaya untuk adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim tersebut.

Secara rinci ruang lingkup kegiatan dalam jambore ini adalah berupa perkemahan para pelajar dan  santri tingkat SMP dan SMA, Pramuka, karang taruna dan kelomok masyarakat lainnya. Kegiatan ini akan dibuka Menteri Kelautan dan Perikanan.

Untuk penanaman Mangrove, lanjut Makhfud yang terjkesan menjadi agenda utama dalam kegiatan jambore ini dilakukan tiga tahap, yakni  mulai pra acara, berlangsungnya acara hingga pasca acara jambore.

Tak tak kalah pentingnya panitia menyediakan waktu untuk mengadakan dialog atau pertemuan ilmiah, antara pemerintah dengan kalangan akademisi dan para pelajar. “Juga digalakkan gerakan bersih bersih dan aneka ragam macam lomba yang ada kaitannya dengan penumbuhan kesadaran terhadap  pentingnya adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim,” tegasnya. mas

http://surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=8005daff056ac11c0189ee7367161c6b&jenis=d41d8cd98f00b204e9800998ecf8427e


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: