Wisata Mangrove Anyar Diresmikan

4 01 2010

GUNUNG ANYAR – Surabaya akan ketambahan tempat wisata baru. Tempat itu berada di daerah pesisir di Kecamatan Gunung Anyar. Tempat wisata tersebut bernama Wisata Anyar Mangrove (WAM).

Menurut rencana, pagi ini Wali Kota Bambang D.H. meresmikan tempat wisata itu. “Wisata Anyar Mangrove tak hanya milik warga Gunung Anyar, tapi juga warga Surabaya,” ungkap Kanti Budiarti, camat Gunung Anyar, ketika dihubungi Jawa Pos kemarin (31/12).

Selain sebagai tempat rekreasi, WAM berposisi sebagai area konservasi dan penelitian. Sekarang telah banyak komunitas dan kelompok masyarakat yang peduli terhadap mangrove. Dengan demikian, keberadaan hutan tersebut sangat membantu mereka dalam mempelajarinya.

Dia menuturkan, selama ini WAM sudah sering dikunjungi banyak orang. Tempat tersebut sangat ramai saat hari libur. Kebanyakan mereka menikmati suasana pantai, mangrove, dan berbagai jenis burung.

Dengan diresmikannya wisata mangrove di Gunung Anyar, kata Kanti, nanti ada 15 spesies mangrove, 137 jenis burung, dan 7 spesies mamalia primate yang bisa dilindungi (lihat Grafis, Red) dan dilestarikan. ”Itu jumlah yang sangat besar untuk sebuah perlindungan alam,” katanya.

Para pengunjung juga bisa menggunakan perahu milik nelayan untuk melihat mangrove yang berada beberapa puluh meter dari bibir pantai. ”Hasilnya lumayan banyak,” tuturnya. Karena itu, masyarakat di sekitar mangrove mengelola tempat wisata tersebut.

Berawal dari itu, pihaknya memberi tahu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Surabaya. (rio/upi/dan/mik)
http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=108679


Aksi

Information

Tinggalkan komentar